Penginapan & Paket Wisata Dieng - DIENG0KM | Phone: +62-812-2656-7567 / +62-852-2515-2221

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng (dieng0km.com) – Telaga Warna adalah salah satu wisata andalan kota wisata Dieng. Telaga ini terletak di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau), tepatnya di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga Warna Dieng saat ini telah menjadi hits di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena keindahannya.

Telaga Warna Dieng

Berbeda dengan telaga pada umumnya, Telaga Warna Dieng memiliki warna yang unik dan fenomenal. Warna permukaan telaga bisa berubah-ubah setiap waktu tergantung kondisi cuaca dan sinar matahari. Inilah kenapa telaga yang terletak di ketinggian 2000 mdpl ini dinamakan Telaga Warna. Berdekatan dengan Telaga Warna ada Telaga Pengilon yang airnya bening. Keberadaan Telaga Pengilon yang bening membuat warna-warni Telaga Warna menjadi semakin mencolok dan menambah daya tariknya. Karena letak kedua telaga ini berdampingan, orang-orang menyebutnya Telaga Kembar.

Banyak yang penasaran dengan penyebab perubahan warna permukaan Telaga Warna Dieng. Warna permukaan air Telaga Warna Dieng terjadi karena tingginya kandungan belerang atau sulfur. Air berbelerang ini saat terkena sinar matahari dengan sudut dan ketajaman sinar yang berbeda akan menghasilkan warna yang berbeda kadang hijau, biru, putih, kuning keemasan, atau berwarna-warni seperti pelangi. Jadi, setiap waktu pengunjung bisa melihat perubahan warna Telaga Warna yang bersanding dengan beningnya permukaan air Telaga Pengilon.

Jika Anda berada di tepian Telaga Warna, warna permukaannya akan terlihat biasa. Warna-warni permukaan airnya hanya akan jelas terlihat jika dilihat dari ketinggian. Itulah kenapa banyak para wisatawan dan pecinta fotografi lebih memilih menikmati dan mengabadikan Telaga Warna Dieng dari beberapa tempat tinggi dan strategis di sekita Telaga Warna. Tempat-tempat strategis yang menjadi favorit wisatawan untuk menyaksikan lanskap Telaga Warna dan Telaga Pengilon antara lain Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng, Bukit Sidengkeng, dan Jembatan Merah Putih. Ketiga tempat ini juga menjadi hits karena bisa memandangi indahnya Telaga Warna yang fenomenal bersanding dengan beningnya air Telaga Pengilon. Kedua telaga ini kian indah karena dikelilingi pepohonan hijau dan beberapa pemukiman penduduk yang masih asri. Apalagi saat cuaca cerah.

Saat berkunjung ke Kawasan Wisata Telaga Warna ada beberapa obyek wisata yang bisa sekalian dikunjungi termasuk ketiga tempat strategis untuk melihat spot Telaga Warna tadi. Obyek wisata lain selain Batu Ratapan Angin, Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng, dan Jembatan Merah Putih ada Dieng Plateau Theater (DPT) yang bisa Anda kunjungi. Sebenarnya sebelum menjelajah Dieng tempat pertama yang disarankan untuk dikunjungi adalah DPT. Di DPT ini akan ditayangkan seluk beluk Dataran Tinggi Dieng mulai dari sejarah, budaya, kearifan lokal, serta obyek wisatanya. Jadi tayangan yang Anda saksikan akan menambah pengetahuan Anda sebelum menjelajah Dieng Plateau.

Selain DPT Anda bisa sekalian mengunjungi goa-goa alam yang masih berada di Kawasan Wisata Telaga Warna. Goa-goa yang masih ada antara lain Goa Semar, Goa Sumur, Goa Pengantin, dan Goa Jaran . Goa yang terkenaladalah Goa Semar. Di Goa Semar ini terdapat patung Semar dan kolam kecil yang sering dijadikan obyek foto oleh wisatawan. Pada waktu-waktu tertentu Anda akan menemui orang yang sedang melakukan ritual tertentu di sekitar goa. Dan jangan heran jika ada beberapa orang yang mengambil atau meminum langsung air kolam di Goa Semar karena menurut mitosnya air kolam tersebut berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Akses menuju Kawasan Wisata Telaga Warna Dieng tidaklah sulit. Jika Anda sudah berada di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau), akan gampang sekali untuk menuju Telaga Warna karena penunjuk jalannya cukup jelas. Saat masuk ke kawasan Dataran Tinggi Dieng, Anda akan menjumpai pertigaan. Anda hanya perlu mengambil jalan jalur kiri untuk menuju Telaga Warna di Dieng Wetan. Jarak antara Pertigaan Dieng ke Telaga Warna cukup dekat, yaitu hanya sekitar 500 meter. Jalan menuju Telaga Warna pun cukup bagus. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar RP10.000,- per orang untuk bisa memasuki Telaga Warna.